Cara Main Game PPSSPP Menggunakan Stick PS2 di Android

Halo sobat Droidin, Sebenarnya Sahabat juga bisa menggunakan stick PS3, USB dan juga gamepad. Tetapi hanya saja disini mimin cuma akan memberikan tutorial menggunakan PS2 saja. Sebelum kita memasuki ke tutorialnya, ada baiknya untuk menyediakan alat dan bahan-bahannya terlebih dahulu.
Main game ppsspp dengan stick ps2

Alat dan Bahan

1. HP Android Support OTG

Sahabat harus mempunya smartphone yang sudah support atau mendukung USB OTG. Karena, nantinya agar samartphone Sahabat bisa dihubungkan dengan joystick melalui kabel bertipe OTG. Namun, sebelumnya Sahabat harus tes terlebih dahulu apakah hp yang Sahabat gunakan mendukung OTG atau tidak.

Untuk mengeceknya, Sahabat bisa memakai aplikasi Cheaker OTG yang dapat Sahabat cari di Play Store maupun App Store.

2. Kabel dan USB OTG

Untuk dapat menghubungkan antara hp dengan stick Sahabat harus membeli terlebih dahulu kabel dan usb yang sudah support OTG. Untuk Sahabat yang ingin membelinya bisa beli langsung di counter hp.

3. Emulator PPSSPP

Aplikasi Emulator PPSSPP sudah pasti yang harus Sahabat miliki dan pasang di Android Sahabat. Karena kalau tidak, ya Sahabat tidak akan bisa memainkan game PSP tersebut. Sahabat bisa cari aplikasinya di Play Store ya gengs.

4. Joystick

Nah, bahan terakhir yang harus Sahabat punya ialah joystick. Berapa sih harga joystick? Untuk harga joystick biasanya sekitar 250rbu-an, tapi nggak tau kalau sekarang ya gengs. Ya cukup mahal sih (hehe).

Tutorial Memainkan Game PPSSPP Menggunakan Joystick PS2

Main game ppsspp menggunakan stick ps
  1. Langkah Pertama: Hubungkan kabel OTG ke Joystick, konekan USB OTG ke HP Android Sahabat.  Setelah itu, Sahabat bisa tekan tombol analog stick, apabila hp Sahabat menyala berarti telah support OTG
  2. Langkah Kedua: Masuk ke aplikasi Emulator PPSSPP, dan klik menu setting untuk mengatur kontrol serta grafis yang akan Sahabat jalankan nantinya.
  3. Langkah Ketiga: Setelah menu setting, selanjutnya klik menu Control, terus pilih Control Mapping, maka akan keluar menu Clear All seperti DPAD UP, DOWN, LEFT, RIGHT dan lain-lain.
  4. Langkah Keempat: Cara mengaturnya, Sahabat bisa klik + DPAD UP, setelah itu tekan tombol arah keatas pada stick PS2 agar konek. Nah, Sahabat bisa mengatur sendiri pada menu Control yang lainnya.
  5. Gimana? Mudah bukan? Jadi sekarang Sahabat bisa main game secara offline di Android, tetapi berasa seperti bermain di PlayStation dan pastinya seru loh gengs.
Baiklah, mungkin cuma itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai cara main game ppsspp menggunakan stick PS2 di Android maupun di Smartphone. Semoga bermanfaat.
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama